Covid19

Pemprov Papua Barat Siapkan Kapal Pelni Angkut Warganya dari Jayapura

Dikutip dari KABARPAPUA.CO, Manokwari – Pemerintah Provinsi Papua Barat menyediakan kapal pelni untuk memulangkan warganya yang terjebak penutupan transportasi  udara dan kapal laut di Kota Jayapura, Provinsi Papua.

Gubernur Provinsi Papua Barat, Dominggus Mandacan mengatakan ada ribuan warga yang masih tertahan di Kota Jayapura dan saat ini bisa pulang, dengan dibukanya kembali akses bandara dan pelabuhan di Papua.

“Ada KM Gunung Dempo yang kami sediakan pada Kamis, 18 Juni 2020, untuk warga Manokwari Raya bisa kembali pulang. Kapal itu akan berangkat dari Jayapura langsung ke Manokwari, tanpa menyinggahi kota lainnya,” kata Domingggus, Selasa 16 Juni 2020.

Dominggus memastikan warga Manokwari Raya yang dari Jayapura sudah melalui prosedur kesehatan dalam penanganan Covid-19.

“Warga yang mau kembali pulang harus menjalani rapid test dan pemeriksaan swab, sehingga yang diberangkatkan hanya mereka yang hasil rapid testnya non reaktif. Jika ada yang reaktif, kami akan tindak lanjuti pemeriksaan swab,” katanya.

Dengan begitu, saat ribuan penumpang tiba di Pelabuhan Manokwari, hanya dilakukan pemeriksaan suhu tubuh dan memeriksa kelengkapan surat sehat dari Provinsi Papua sudah ada atau belum.

Kalau mereka belum dilengkapi surat-surat, maka mereka akan dikarantina selama 14 hari setibanya di Manokwari. Namun, jika mereka tiba dengan surat-surat lengkap, maka langsung berkumpul bersama keluarga,” kata Dominggus yang juga Kepala Suku Besar Arfak ini. *** (Irsye Simbar)

sumber: https://kabarpapua.co/pemprov-papua-barat-siapkan-kapal-pelni-angkut-warganya-dari-jayapura/

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close