Covid19

Papua Barat Gratiskan Pemeriksaan Swab PCR

Dikutip dari KABARPAPUA.CO, Manokwari– Pemerintah Provinsi Papua Barat menggratiskan pemeriksaan swab PCR (Polymerase Chain Reaction) bagi warganya. Terlebih saat ini RSUD Papua Barat telah memiliki PCR.

Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan didamping Wakil Gubernur Papua Barat Muhammad Lakotani yang memantau langsung pengoperasian PCR di RSUD setempat bersyukur, daerahnya telah memiliki PCR sehingga memudahkan pemeriksaan kesehatan masyarakat di Papua Barat.

Sebelumnya, Kabupaten Manokwari telah memiliki 2 alat Test Cepat Molekuler (TCM) dan satu alat PCR dan dipastikan besok akan datang 1 alat TCM lagi di Manokwari.

“Dengan adanya alat-alat ini, tak perlu lagi pemeriksaan sampel swab dikirim ke Jakarta, Makassar atau Jayapura,” jelasnya, pada Selasa 16 Juni 2020.

Untuk tenaga pengoperasian PCR dan TCM, Papua Barat telah memiliki satu dokter dan 3 tenaga medis yang telah dikirim ke Makassar untuk dilatih. “Tenaga medis yang kita miliki siap untuk mengoperasikan peralatan laboratorium ini,” jelasnya.

Diharapkan dengan dioperasikannya alat PCR, masyarakat mempunyai kesadaran untuk memeriksakan dirinya. Terlebih jika di lingkungan sekitarnya sudah ada pasien positif Covid-19.

“Pemeriksaan ini semua gratis, sehingga masyarakat dapat melakukan pemeriksaan agar diketahui lebih pasti kondisi tubuhnya. Seperti di 4 kabupaten yang masih hijau, sebaiknya dilakukan pemeriksaan, karena sampelnya baru diambil beberapa orang saja,” katanya. *** (Irsye Simbar)

sumber: https://kabarpapua.co/papua-barat-gratiskan-pemeriksaan-swab-pcr/

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close